--------------------------------------------------| Welcome to My blog | Hope You Enjoy The Blog | :) ---------------------------------------------------------------------

2015/07/27

Membuat CPU cooler murah untuk AMD



Halo Sobat blogger, kali ini saya akan membagikan tips tentang pendingin CPU aka Processor AMD. Seperti yang kita ketahui pendingin prosesor cukup vital dalam penggunaan PC sehari hari, bayangkan jika pendingin yang kita gunakan tidak sanggup menahan panas yang dihasilkan prosesor kita, selain umur prosesor jadi pendek juga kinerja komputer akan terganggu akibat penurunan speed yang secara otomatis dilakukan oleh prosesor.

Latar belakang dari apa yang saya coba ini tidak lain dari keterbatasan dana (sobat tahu sendiri harga pendingin termurah dengan model seperti disamping ini berapa :D kisarannya 100ribuan) dan kebetulan saya punya komputer lama dengan prosesor Pentium4 soket 478 yang memiliki pendingin dengan tembaga dibagian tengahnya



 
Klik untuk memperbesar
Terlihat disamping ini perbedaan dari Cooler bawaan AMD dengan Pentium 4 47, sebelah kiri adalah pendingin pentium 4 478 dengan tembaga dibagian tengahnya, sedangkan pendingin bawaan AMD tidak diisi tembaga bagian tengahnya.

Mengapa tembaga? mungkin ada yang belum paham :D tembaga adalah penghantar panas yang jauh lebih baik daripada aluminium, "Lalu kenapa tidak semua saja dibuat tembaga?" Itu karena harga tembaga jauh lebih mahal daripada aluminium dan juga sifat tembaga lebih mudah menyerap panas daripada melepaskannya sehingga dibuatlah model yang memadukan sifat tembaga yang cepat menyerap panas dengan sifat aluminium yang mudah melepas panas.

Gambar diatas memperlihatkan bahwa pendingin dari Pentium 4 478 memiliki tinggi yang sedikit lebih tinggi daripada pendingin bawaan AMD, ini berdampak pada kemampuan pelepasan panasnya akan lebih baik. demikian pula pada jumlah siripnya terlihat pendingin pentium4 478 memiliki lebih banyak sirip.

Bagaimana dengan posisi di soket prosesor?
 Gambar disamping ini memperlihatkan bahwa ukuran lebar pendingin pentium4 478 lebih lebar dari pendingin bawaan AMD, tapi masih dalam batas wajar. sehingga tidak membentuk RAM pada saat pemasangan.

Demikian pula pada area VRM dan kapasitor pada sekitar prosesor, ukurannya sangat pas sehingga tidak ada perubahan yang signifikan pada ukuran pendingin

 

















Oke, sekarang kita mulai membuat "got" pengunci sebagai tempat meletakkan tuas pengunci sebanyak 2 jalur. Disini saya menggunakan gergaji besi untuk membuatnya.
mengenai kedalaman "got", menyesuaikan dengan kedalaman "got" dari pendingin bawaan.


Untuk kipas pendingin, saya menggunakan kipas bawaan dari AMD, tapi jika kipas pendingin asli dari pentium4 masih jalan, sobat bisa menggunakan kipas tersebut, karena hasilnya pasti lebih dingin :D dan tidak perlu ribet memikirkan pemasangan kipas.
untuk kipas AMD saya hanya mengikatnya dengan cable ties kecil pada sirip aluminium. Itu saya rasa sudah cukup, karena saya test kipasnya menempel dengan baik.
Kali ini saya menggunakan AMD Athlon X4 860K FM2+ dengan motherboard ASrock FM2A58M-VG3+ untuk uji coba sistem pendingin ini. 


Dan berikut ini hasil pembacaan suhu saat idle (kondisi prosesor ter overclock 4Ghz)

Dan ini saat diberikan load (saya menggunakan winrar untuk meng-arsipkan data sebesar 30GB)

Semoga apa yang saya bagikan kali ini bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment